Cerita Suoh (Bagian Kedua)



Kawasan Keramikan berada tidak jauh dari Danau Minyak, Danau asam, dan Danau Lebar (foto #Syarif Suoh)

Perasaan takjub ketika menyaksikan hamparan lembah dari kejauhan terlihat bagai genangan air panas, tetapi setelah dihampiri ternyata hanya titik-titik tertentu saja yang menyemburkan air dan uap panas dan sisanya keras bahkan sangat keras terlihat layaknya keramik, mungkin kondisi ini yang menyebabkan masyarakat Suoh menamakan tempat ini kawasan keramikan.  Dari sumber air panas yang menyebar di beberapa titik pada hamparan kawasan keramikan yang memilik luas kurang lebih 1 HA mengalir air panas yang jika diletakkan singkong atau telur ayam didalamnya maka hanya butuh waktu paling lama 15 menit telur atau singkong yang dicelupkan tadi akan matang. 
Kawasan keramikan sungguh membuat hati siapapun akan takjub, dan berdiri diatas areal ini asal kuat menahan hawa panas dari semburan uap panas yang menyebul, buanglah jauh-jauh perasaan bahwa tempat kita berdiri akan amblas karena keramikan ini layaknya keramik yang sesungguhnya biasa dipakai untuk lantai atau dinding rumah pada umumnya; kuat, mengkilap, dan sedikit licin. 
Berdiri di atas Kawasan Keramikan sesuatu bingit  (Foto #Syarif Suoh)
Sungguh kebesaran sang pencipta hadir di tengah hambanya; wisata ke kawasan keramikan bagi sebagian masyarakat Suoh dimaknai sebagai wisata rohani yang sangat mendalam dan hikmat, sehingga etika ketika berkunjung ke tempat ini harus selalu dijaga (Sikap prilaku cara dan isi pembicaraanpun harus dijauhkan dari hal-hal yang bertentangan dengan norma agama atau adat istiadat di masyarakat) agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.  
Secara umum masyarakat Suoh memaknai saat berada di tempat ini sangat agamis;  Jika panas uap saja seperti ini maka seperti apa panas api di neraka nanti tentu sangat mengerikan, ungkapan ini yang kerap mengemuka dari masyarakat Suoh yang berkunjung ke tempat yang sangat menakjubkan ini dan bagi yang  belum pernah ke tempat ini tentu sayang bila dilewatkan. Tak ada yang bisa dikatakan ketika pertama ke tempat ini kecuali aamaaazing Suoh.. Suoh.. Suoh.
Kawasan keramikan berjarak kurang lebih 2 KM atau bisa ditempuh selama 15 menit dengan berjalan kaki dari kampung Pelalangan, tempat terakhir bisa memarkirkan kenderaan bermotor dan paling dekat dengan kawasan keramikan.  Karena kawasan ini masuk kedalam areal Tanam Nasional Bukit Barisan Selatan, maka untuk sampai ke tempat ini harus seizin penjaga taman nasional yang memiliki posko di Suoh .. (Bersambung)       

Post a Comment

Previous Post Next Post